PROMOSI KESEHATAN

BERSAMA MEWUJUDKAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT SECARA MANDIRI

Senin, 07 Januari 2013

Kegiatan Promkes

          Promosi Kesehatan (promkes) Puskesmas Banggae 1 Majene selama ini telah melaksanakan beberapa agenda kegiatan diantaranya pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga di wilayah kerja PKM Banggae 1 Majene yang meliputi kelurahan pangali-ali, kelurahan banggae, dan kelurahan galung.
          Selain itu penyuluhan kesehatan tetap digalakkan baik di dalam gedung puskesmas yang sasarannya adalah pasien dan keluarga pasien yang berkunjung ke puskesmas dan di luar gedung yang sasarannya adalah masyarakat secara umum. Materi penyuluhan tentang penyakit-penyakit yang biasanya timbul terutama penyakit menular yang meyangkut cara penularan penyakit, faktor resiko penyakit, cara pencegahan dan penanganannya. Disamping itu promkes PKM Banggae 1 juga melakukan sosialisasi dan pembinaan desa/kelurahan siaga aktif di tiga wilayah kerja yang meliputi 3 kelurahan.
          Kegiatan awal berfokus pada sosialisasi seputar pengertian desa/kelurahan siaga yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan forum desa/kelurahan siaga. Diharapkan dengan terbentuknya desa/kelurahan siaga masyarakat akan semakin memahami arti sehat yang sesungguhnya, mereka dapat berperan dalam pembangunan kesehatan masyarakat yang optimal karena dilandasi oleh kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kesehatan yang tetap harus dipertahankan serta memiliki perilaku yang baik dalam menjaga dan memelihara kesehatannya baik pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
          Promkes PKM Banggae 1 tentunya tidak bekerja sendiri-sendiri melainkan selalu berkoordinasi dengan program lain seperti gizi, KIA, imunisasi, kesling dalam melaksanakan tugas-tugas yang saling terkait satu sama lain seperti pelayanan posyandu yang dilaksanakan setiap bulan di wilayah kerja PKM BAnggae 1. Ada juga kegiatan refreshing kader sebagai ajang silaturahmi petugas puskesmas dengan kader kesehatan. Kegiatan ini biasanya mengambil tempat di alam terbuka seperti di pantai barane. Saat ini penanggung jawab program Promkes PKM Banggae 1 Majene adalah Nurhayati, Amd.Kep dan dibantu oleh tenaga promkes alumni FKM Unhas oleh Wahyudi, S.KM.   

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons