PROMOSI KESEHATAN

BERSAMA MEWUJUDKAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT SECARA MANDIRI

Sabtu, 05 Januari 2013

Desa Siaga, Menuju Indonesia Sehat 2015


Salam Sehat Saudaraku !

Kesehatan adalah impian semua penduduk di muka bumi ini, tak terkecuali Indonesia. Indonesia bahkan telah dua kali mencanangkan program Indonesia Sehat. Yang pertama pada 2010, dimana indicator untuk menuju kearah Indonesia sehat masih belum terpenuhi dan kemudian diperbaharui menjadi Indonesia Sehat 2015.
Ada lima puluh indikator yang terangkum dalam beberapa garis besar diantaranya penurunan angka kematian, penurunan angka kesakitan, peningkatan status gizi, perbaikan sanitasi dasar, perilaku hidup bersih dan sehat, penyebaran tenaga kesehatan yang mencakup aksesabilitas pelayanan kesehatan. Untuk memenuhi inidikator-indikator tersebut tentunya Kementrian Kesehatan telah menyusun berbagai staregi. Termasuk salah satunya Desa Siaga.
Desa siaga adalah kondisi dimana suatu desa dianggap mampu dan mau untuk mengetahui dan mengatasi permasalah kesehatan di wilayahnya sehingga diharapkan kondisi-kondisi kesehatan yang ada dapat tertanggulangi. Logikanya, jika unit terkecil dalam pemerintahan dapat berdaya dan mandiri secara kesehatan otomatis bagian yang lebih besar dari unit tersebutpun akan mandiri dan berdaya. Dalam pelaksanaannya, pemerintah desa bekerjasama dengan lintas sector dan lintas program yang ada di wilayah kecamatan tersebut. Unit Pelayanan Terpadu tersebut hanya berfungsi sebagai fasilitator, pelaksanaanya sepenuhnya tergantung dari pemerintahan desa. 
Dengan desa siaga, diharapkan kesadaran masyarakat dapat terbangun. Masyarakat mampu menyadari bahwa pencegahan jauh lebih murah dibandingkan pengobatan. Basis dari kegiatan Desa Siaga adalah pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan. Masayarakat memegang peran penting dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan desa siaga yang dibantu oleh petugas kesehatan. Diantara kegiatannya seperti pemantauan keadaan kesehatan ibu dan anak ; masalah gizi dan lingkungan; pencatatan dan pelaporan penyakit serta penanggulangannya ; penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan penyakit ; pengumpulan dana sehat ; penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan kesehatan ; serta masih banyak lagi.
Saudaraku yang budiman, Desa Siaga sejatinya adalah program yang begitu indah. Program ini selain membuat kita pintar dan berdaya dia juga membangun kembali nilai-nilai gotong royong dan kepedulian terhadap sesama agar bersama-sama dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan secara mandiri sehingga derajat kesehatan akan semakin meningkat.
Berjalan atau tidaknya Desa Siaga tidak ditangan pemerintah, tapi di tangan saya dan anda selaku warga desa. Yang tidak memiliki Desa jangan khawatir, mulailah dengan RT siaga, RW Siaga dan Kelurahan Siaga. Mari bersama kita jadikan Desa Siaga sebagai jembatan menuju Indonesia Sehat 2015.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons