PROMOSI KESEHATAN

BERSAMA MEWUJUDKAN MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT SECARA MANDIRI

Sabtu, 02 Februari 2013

Aspek Psikologi dalam Kesehatan

Psikologi Kesehatan adalah aspek-aspek ilmu psikologi yang bermanfaat ketika digunakan di dalam dunia kesehatan. Sebagai contoh, seorang dokter harus bisa mengendalikan psikis pasiesnnya dan bukan hanya sebagai orang yang dibayar dan harus memberi resep obat.
Ketika pasien mempunyai sakit parah, maka sebagai dokter yang baik, ia harus dapat membangkitkan semangat dan motivasi pasien untuk dapat sembuh dari penyakitnya. Lebih dari itu, dokter juga harus mengetahui bagaimana keadaan mental pasien berkaitan dengan kesehatannnya.
Sesuai dengan Matarazzo, psikologi kesehatan adalah adalah suatu agregat dari specific educational, dan kontribusi scientific professional, dari disiplin psikologi, untuk memajukan atau memelihara kesehatan, termasuk juga didalamnya penanganan penyakit dan aspek-aspek lain yang terkait dengannya.
Psikologi kesehatan dipandang sebagai pengetahuan psikis dan sosial yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk mengurangi stress psikis yang disebabkan oleh penyakit. Psikologi kesehatan dapat dimanfaatkan untuk berbagai situasi dan kondisi.



Beberapa manfaat psikologi kesehatan adalah sebagai berikut.

·      Ketika pasien menunjukkan tingkah laku yang berbeda karena sakitnya, misal depresi atau frustrasi, atau dalam tingkat ringan seperti kekurangan motivasi untuk sembuh.
·      Memprediksi tingkah laku pasien ketika ia melalui tingkatan penyakit tertentu. Langkah ini sebagai bentuk pencegahan dini terhadap timbulnya masalah-masalah psikis.
·      Mengumpulkan data tentang sikap dan pemikiran pasien ketika sakit di masa lalu.
·      Mengevaluasi peran psikologi dalam perawatan pasien.
·  Psikologi kesehatan juga digunakan untuk memberikan contoh bagaimana seharusnya berpikir dan bertingkah laku kepada orang yang sakit.


Selain itu terdapat beberapa ilmu psikologi kesehatan dasar yang harus dilakukan untuk menghindari penyakit. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan hal-hal baik secara disiplin.
  
    Beberapa tips psikologi kesehatan berikut dapat membantu anda untuk diterapkan secara rutin.
·      Tidur tujuh sampai delapan jam setiap hari
·      Setiap hari sarapan
·      Tidak memakan cemilan diantara jam makan yang satu ke yang berikutnya
·      Bobot tidak melampaui limit batas gemuk
·      Tidak merokok
·      Tidak mengkonsumsi alkohol
·      Melakukan aktivitas fisik secara teratur.


 






 

3 komentar:

Ezra Mantiri mengatakan...

Yg tak punya agama ikut sj program pesugihan ini, yg beragama berdoalah dan berusaha pasti TYME akan selalu memberi berkat melimpah dan sehat sejahtera..amin

Ezra Mantiri mengatakan...

Yg tak punya agama ikut sj program pesugihan ini, yg beragama berdoalah dan berusaha pasti TYME akan selalu memberi berkat melimpah dan sehat sejahtera..amin

Unknown mengatakan...

Kerennnn

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons